Powered By Blogger

Key

Shine

Rabu, 28 Desember 2011

Panggilan




Panggilan

Tidak jarang bila anda lihat anime maupun manga, anda sering menjumpai -san, -sama, -kun, -chan, sensei, onee-chan, dll. Kurasa supaya kalian tidak bingung apa artinya atau malah salah paham mengenai makna itu. Aku akan memberitahu sebisa mungkin, meski belum tentu benar semua.

Dari berbagai sumber informasi yang kucari sana sini, tampaknya agak sulit menemukan arti yang sesungguhnya namun berikut ini aku akan kasih tahu sesuai pendapatku.

Daftar panggilan :

1. -san, untuk ini anda harus menggunakan saat baru pertama kali bertemu orang yang kamu belum kenal. Atau anda juga bisa menggunakannya bila hubunganmu dengan orang itu belum mendalam.

2. -kun, yang ini hanya bisa gunakan untuk orang laki-laki atau lebih umumnya untuk adik laki-laki. Tergantung situasinya, anda juga bisa memakainya bila hubunganmu dengan temanmu sudah agak dalam. Selain itu, agak aneh sih tapi kamu bisa menggunakannya bila kamu "merasa" temanmu laki-laki yang sama umurnya tapi lebih jago daripada kamu. Jadi pakai -kun untuk menghormatinya....

3. -chan, nah yang ini cukup sering muncul mungkin kalian sudah tahu tapi akan kujelaskan sekali lagi. Ungkapan ini biasa digunakan untuk orang perempuan atau lebih umumnya untuk adik perempuan, dan juga memiliki makna bahwa -chan itu menunjukkan umur orang itu lebih muda dari kamu. Kan perempuan tidak suka dilihat tua sih, jadi mungkin lebih sopan atau tidak menyinggung perasaannya karena itu pakailah -chan.

4. -sama, panggilan ini sangat formal terutama di situasi yang formal (kayak pemerintahan atau tempat lainnya) anda harus menggunakannya pada orang yang tingkatannya lebih tinggi daripada kamu, contohnya ya Kaisar.

5. sensei, digunakan untuk guru. Mungkin anda jelas sudah tahu lewat anime, tapi sensei bisa digunakan untuk orang yang lebih berpengalaman dari kamu dalam suatu bidang tertentu.

6. -senpai, biasanya sih sering muncul lewat anime dalam kehidupan sekolah (belum tentu). Kamu menggunakan panggilan ini untuk orang yang kelasnya lebih tinggi dari kamu, misalnya kamu kelas 1 sma dan berteman dengan kelas 2 atau 3 sma ya musti panggil dia dengan menggunakan -senpai.

7. -Kouhai, digunakan untuk orang yang kelasnya lebih rendah dari kamu. kalau kamu kelas 3 sma dan punya teman kelas 1 atau 2 sma, dalam hal ini terserah kamu panggil dia pakai -kouhai, -kun, atau -chan tergantung dari hubunganmu dengan dia.

8. Dll (lho.? yaa cuma beberapa aku tahu sih, tapi silahkan cari di google ya, Maaf)

Sebagai catatan, bila hubungan anda dengan teman anda sudah sangat erat atau "best friend", anda bisa langsung memanggilnya tanpa menggunakan ungkapan apapun. Hal seperti itu juga berlaku dalam hubungan pacar. Selain itu, bila orang lebih tua dari kamu, anda harus menggunakan bahasa sopan (kecuali untuk teman [tergantung kedalaman hubunganmu]).

Dan bila orang lebih muda dari kamu, anda bebas menggunakan bahasa sopan atau gaul tapi sekali lagi mohon perhatikan situasinya.! Semua panggilan bisa digunakan tergantung situasi.

Sudah cukup deh kayaknya. Ngomong-ngomong, kalau ada kesalahpahaman di sini mohon dimaklumi karena aku bukan orang Jepang asli.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar