Powered By Blogger

Key

Shine

Minggu, 26 Februari 2012

Kecanduan Facebook

Aku menemukan cara bagaimana agar kita tidak kecanduan FB tanpa harus menonaktifkan FB kita... Cara yang aku lakukan adalah sebagai berikut... *hihi

    Jangan banyak beraktivitas di FB, semisal memberi komen di status atau foto dan video orang lain atau menulis di wall banyak orang. Beraktivitas seperlunya saja.

    Update status seperlunya saja. Jangan update status terlalu sering hingga dalam sehari bisa 6-10 kali update status.. Crayzeh.. *ada tuh temennya temen aku yang seharinya bisa 8x update status... waww.. hebat..

    Jika mo update status, pikirkan sesuatu yang penting dan bermanfaat untuk dishare, tidak sekedar curhat keseharian yang ga ada penting-pentingnya dan ga bermanfaat buat orang lain. Biasakan untuk memiliki privasi dan memperbanyak sosialisasi di dunia nyata.

    Jika ada yang memberi komen pada status atau foto kita, tanggapi hanya seperlunya saja. Wall, Foto, or Video, or Notes bukan tempat diskusi atau ngobrol. Kalo mo ngobrol ada fasilitas lain semisal telfon, chat, or SMS or ketemuan aja langsung. Manfaatkan teknologi pada tempatnya. Jika tidak maka kita yang akan menjadi budak teknologi itu.

    Remove tag. Jika kita ditag oleh orang lain dalam satu foto or video, yang ga ada sangkut pautnya sama kita semisal iklan jualan, yang kita pribadi merasa terganggu karena dalam sehari bisa dapat notifikasi banyak yang isinya menanyakan harga dll dari orang2 yang ga kita kenal, jangan ragu untuk meremove diri kita. Notifikasi2 ga penting membuat kita merasa penting untuk membukanya. Yang pada akhirnya kita "membaca" notifikasi2 ga penting itu tanpa memiliki urusan or keterlibatan apa2 di dalamnya.

    Hide orang-orang yang dirasa menuh2in News Feed kita dengan hal2 yang ga penting; misal dengan keaktifannya update status sehari 10x, atau keaktifannya di berbagai aplikasi yang kita ga ikutan sama sekali.

    Hide "pengumuman" aplikasi2 di News Feed. Kamu ga pengen tau apa yang ga perlu kamu tau dari pencapaian orang-orang di aplikasi2 yang mereka ikuti; semisal Mafia Wars or Farmville. Itu cuma menuh2in News Feed kita aja

    Delete orang2 yang ganggu. Ga perlu ragu. Apalagi jika kita tidak mengenalinya dan orang tersebut tidak ada keinginan untuk memperkenalkan dirinya (karena ia yang meng-add duluan), delete aja. Kita ga perlu mengetahui update seseorang yang ga kita kenal sama sekali.

    Batasi teman yang muncul di News Feed dengan mengatur siapa aja yang kita lebih inginkan muncul di News Feed kita. Caranya dengan mengatur di "most recent" display lalu Edit Option. Saya menaruh angka 30, hingga tidak semua teman2 saya muncul di News Feed, hanya orang-orang tertentu saja. Jika orang2 tertentu yang saya inginkan tidak muncul dan tidak beraktivitas, yang tertera di sana hanya bbrp orang lain yang itu2 saja, tidak semuanya muncul.

    Last but not least, jika kamu pake browser Mozilla Firefox, install add-ons LeechBlock untuk mem-block website2 tertentu atau mengatur jam aksesnya, lalu masukkan www.facebook.com dalam list website yang ingin kamu block. Kamu juga bisa mengatur jam berapa kamu bisa akses FB, sehingga kamu tidak bisa mengakses FB di luar jam yang udah kamu tentukan. Misal, kamu hanya akan buka FB saat weekend, atau malam di atas jam 23.00, it's up to you.

Well, good luck dalam mengontrol diri dari FB. Manfaatkan waktu sebaik mungkin. Karena waktu itu adalah pedang; jika kita tidak membunuhnya, maka waktu yang akan membunuh kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar